Lumpia Vietnam Pedas Manis Gurih

Ilustrasi Lumpia Vietnam


Happy Day Kuliner Lover..
Selama ini pasti kita sudah pernah merasakan penganan yang satu ini. Ya Benar , Lumpia.. Jika kita berkunjung ke Jawa Tengah sempurna nya Semarang , penganan yag satu ini menjadi primadona yang tidak terbantahkan untuk dijadikan buah tangan untuk sanak saudara di rumah. Sepanjang jalan Pandanaran di kota Semarang menjadi "surga" bagi para penjual atau pembeli Lumpia ini sendiri selain Bandeng. Sepanjang jalan Pandanaran berjejer toko yang menjual Lumpia , Wingko , maupun Bandeng yang sudah siap di packing rapi untuk dibawa pulang.
Ternyata membuat lumpia itu tidak sesulit yang dibayangkan. Jika kita mampu membuat nya buat apa kita harus membeli benar bukan?. Kali ini kami akan mencoba memperlihatkan resep Lumpia Vietnam Pedas Manis Gurih , walaupun sedikit berbeda dengan yang dijual di jalan Pandanaran Semarang tapi rasa nya pasti juga akan membuat kita ketagihan.

Bahan Yang digunakan :
20 lbr kulit lumpia yang mampu kita beli jadi di supermarket
Minyak goreng secukupnya , saran kami gunakan minyak yang gres jangan minyak yang sudah digunakan.

Jamur Hioko /Jamur Shitake

Isi Lumpia :
1/2 bh bawang bombai , cincang halus terlebih dahulu
2 siung bawang putih , cincang halus juga
3 btr bawang merah , juga dicincang halus
150 gr udang ukuran sedang , cincang kasar
100 gr daging kepiting
3 btr telur , kocok lepas
3 bh jamur hioko (shitake) , rendam terlebih dahulu kemudian iris tipis
2 bh jamur kuping  , rendam kemudian iris tipis juga
5 sdt kecap ikan
Jamur Kuping
1 sdt merica bubuk
1/2 sdt garam
50 gr suun , rendam terlebih dahulu Daun ketumbar , cincang halus

Cara Membuat nya :
Kita tumis terlebih dahulu bawang bombaim bawang merah serta bawang putih hingga berbau harum , kemudian tambahkan udang yang telah kita cincang berangasan tadi serta daging kepiting nya. Kemudian aduk hingga berubah warna , Tambahkan kedalam nya telur yang telah kita kocok lepas tadi , aduk hingga menyatu dengan tumisan tadi. Masukkan juga irisan jamur hioko serta jamur kuping. Kemudian tambahkan kecap ikan , merica , garam , suun dan daun ketumbar , aduk hingga tercampur semua nya.

Setelah itu ambil kulit lumpia tadi kemudian isikan kedalam nya tumisan yang telah kita masak tadi. Jangan terlalu banyak biar pada ketika di goreng lumpia nya tidak pecah. Setelah itu gulung lumpia yang telah kita isi tadi , rekatkan dengan putih telur.

Panaskan minyak untuk menggoreng lumpia tadi. Goreng lumpia hingga berubah warna dan terasa garing , hati-hati ketika menggoreng jangan hingga api terlalu besar hingga mampu membuat kulit lumpia menjadi tidak rupawan , bila sudah matang angkat dan tiriskan. Lumpia Vietnam Pedas Manis Siap disajikan.


Tidak ada komentar untuk "Lumpia Vietnam Pedas Manis Gurih"