Resep Getuk Lindri Singkong Tabur Kelapa Nikmat

Resep Getuk Lindri Singkong Tabur Kelapa Nikmat

Resep Getuk Lindri Singkong Tabur Kelapa Nikmat  - Siapa yang tidak kenal makanan yang satu ini. Dalam bahasa Jawa dikenal dengan getuk , merupakan jenis salah satu jenis makanan yang berbahan dasar utama dari ketela pohon / singkong. Pembuatan getuk ini sendiri sangat mudah sekali diawali pengupasan singkong yang kemudian dikukus , lalu di giling dan ditambah dengan gula serta pewarna makanan. Untuk penyajian dari getuk sendiri ditaburi parutan kelapa kukus . 
Dengan rasa yang sangat istimewa , getuk lindri ini juga memiliki satu ciri khas , yaitu pada dikala penjualannya biasanya menggunakan gerobak yang biasanya juga diiringi lagu – lagu dangdut maupun tembang Jawa yang dibunyikan dengan volume keras. Makara untuk mengetahui eksistensi penjual getuk lindri keliling ini akan sangat mudah. Makanan yang satu ini juga mampu ditambahkan dengan tape untuk menambah aroma dari getuk itu sendiri. Resep Getuk Lindri Singkong Tabur Kelapa Nikmat enak dinikmati dikala minum teh sore hari atau pun dikala pagi hari. Yuk kita mulai cara pembuatan nya.

Bahan yang digunakan :
500 gr singkong , kupas kemudian potong-potong
150 gr gula pasir
60 ml air
1/2 sdt vanilli
1/2 btr kelapa , diparut lalu dikukus terlebih dahulu
Pewarna makanan 

Cara membuat Resep Getuk Lindri Singkong Tabur Kelapa Nikmat

Terlebih dahulu panaskan air hingga mendidih , kukus singkong hingga matang , setelah matang angkat dan sisihkan. Kemudian tumbuk singkong selagi panas. Masukkan 60 ml air , gula pasir serta vanili dalam wajan yang telah dipanaskan terlebih dahulu , aduk-aduk hingga gula larut dalam air tadi. Kemudian campurkan larutan tadi kedalam singkong yang telah ditumbuk tadi , aduk hingga rata. Jika ingin diberi pewarna sebelum nya pisahkan dulu menjadi 2 bab atau 3 bab juga mampu tergantung impian bunda saja , kemudian teteskan pewarna makanan kedalam masing bagian. 
Setelah itu , ambil 1 bab adonan yang telah diberi pewarna tadi dan masukkan kedalam cetakan getuk. Alat cetakan yang dimaksud yaitu sepeti cetakan mi. Atur cetakan tersebut biar getuk mampu tercetak dengan baik. Lakukan terus hingga adonan habis. Sebelum disajikan bubuhi getuk dengan parutan kelapa diatas nya. Getuk Lindri Singkong Tabur Kelapa Nikmat siap disajikan.

Tidak ada komentar untuk "Resep Getuk Lindri Singkong Tabur Kelapa Nikmat"