Resep Kue Talam Ebi Asli Pontianak

Kue Talam dengan taburan ebi diatas nya akan membuat kita tertarik untuk mecoba jenis kudapan manis yang satu ini. Sedikit rasa pedas dari kepingan cabe merah ditambah dengan amis dari ebi nya sendiri akan menambah cita rasa yang tinggi dari Kue Talam Ebi ini. Banak kota mengakibatkan Kue Talam Ebi menjadi khas kota masing-masing , misalnya kue talam ebi singkawang dan kue talam ebi pontianak. Membuat nya juga tidak terlalu sulit tapi kenikmatan menyantap kudapan manis yang satu ini akan membuat kita ketagihan.
Bagi kita pencinta masakan nusantara yang tertarik untuk mencoba nya , yuk kita mulai memasak dan menyajikan nya untuk keluarga resep membuat kudapan manis talam ebi ini.


Kue Talam Talas Ebi
Bahan :

Bahan untuk membuat topping talam
75 gr ebi 
1 siung bawang putih 
1/2 btg seledri , iris halus
2 bh cabe merah 
1 bh  cabe merah  ( iris tipis untuk hiasan )
1/4 sdt garam 
gula pasir secukup nya
Kue Talam Ebi
Bahan talam
600 ml santan yang telah dimasak
100 gr tepung beras 
50 gr tepung sagu 
1 sdm gula pasir 
1/2 sdt merica bubuk 

Bahan untuk lapisan santan
250 ml santan kental  
4 sdm tepung beras 
1/2 sdt garam 





Cara membuat Kue Talam Ebi 

Pertama kita akan menyiapkan terlbih dahulu untuk topping ebi nya. Cuci bersih ebi nya terlebih dahulu dengan menggunakan air panas , setelah dirasa bersih sekarang tiriskan dan haluskan dengan menggunakan blender. Kemudian haluskan bawang putih , cabai , gula dan garam. Lalu tumis hingga harum , kemudian masukkan ebi yang telah dihaluskan tadi beserta daun sledri , aduk dan masak hingga sedikit kering.
Sekarang kita aka membuat kudapan manis talam nya. Pertama campurkan tepung beras serta tepung sagu nya , aduk hingga tercampur rata. Jika sudah rata masukkan gula , merica dan garam kedalam adukan tepung tadi. Kemudian tuangkan setengah bab santan yang masih hangat , aduk kembali hingga benar-benar tercampur rata.
Sisa santan yang setengah nya lgi sekarang akan kita didihkan lagi lalu tuangkan kembali kedalam adonan tepung tadi , aduk kembali hingga rata dan adonan mengental. Setelah itu tuangkan adonan kedalam mangkok mangkok kecil yang sebelumnya kita olesi terlebih dahulu dengan minyak , tuang adonan hingga 2/3 bab mangkok , kemudian kukus sekitar 20 menit dengan api sedang hingga sedikit mengeras.
Nah , bab terakhir kita akan membuat lapisan santan nya. Pertama campurkan materi lapisan santan yang telah kita siapkan tadi , aduk hingga tercampur rata semua nya. Setelah rata tuangkan ke atas adonan yang sedang dikukus tadi  hingga mangkok menjadi penuh. Kukus kembali  selama lebih kurang 10 menit atau hingga matang. Setelah matang taburkan ebi dibahagian atas nya selagi kudapan manis talam masih panas. Jangan lupa beri irisan tipis cabe maerah diatas taburan ebi nya , buat irisan menyerong dan usahakan setipis mungkin. Kue talam ebi siap disajikan ke anggota keluarga. 

Kue Talam Ebi Pontianak
Resep sebelumnya

Tidak ada komentar untuk "Resep Kue Talam Ebi Asli Pontianak"