Resep Kue Timpan Pisang Khas Aceh

Resep Kue Timpan Pisang Khas Aceh
Resep Kue Timpan Pisang Khas Aceh

Resep Kue Timpan Pisang Khas Aceh Kue Timpan yaitu salah satu kudapan manis khas dari Aceh. Kue yang satu satu ini dulu biasa nya wajib ada ketika Idulfitri Idul Fitri atau Idulkurban , dan sekarang kita mampu nikmati kudapan manis timpan yang satu ini kapan saja. Ada beberapa macam isi dari timpan ini , tapi yang paling terkenal yaitu timpan isi srikaya.
Kalau ada diantara bunda yang belum mengetahui menyerupai apa timpan itu , jadi jikalau bunda pernah tahu kudapan manis bugis atau bagi yang sudah mencoba Resep Kue Bugis Ketan Isi Unti Kelapa maka timpan hampir persis sama dengan kudapan manis bugis. Kalau bunda pengen tahu beda nya , yuk kita coba cara membuat Resep Kue Timpan Pisang Khas Aceh

Bahan untuk membuat kulit nya :
Gunakan daun pisang muda yg masih menggulung
100 ml Santan campur 2 sdm minyak untuk mengoles daun 
4 buah pisang barangan , di masak terlebih dahulu dengan santan kental ambil sebagian dari santan diatas 
500 gr labu kuning , kukus dan haluskan  terlebih dahulu
500 gr tepung ketan        
500 ml santan kental 1 butir kelapa        
Garam secukupnya    

Siapakan semua materi diatas kemudian campurkan menjadi satu , kecuali santan , masukkan santan sedikit demi sedikit , sambil diuleni , hingga adonan menjadi kalis , kemudian sisihkan terleboh dahulu. Kemudian olesi daun pisang dengan campuran santan dan minyak. Setelah itu ambil adonan kira-kira satu sendok makan dan pipihkan , bentuk persegi panjang.
Kemudian letakkan isi , srikaya atau inti ditengah , kemudian gulung adonan nya menutupi isi srikaya atau inti tadi. Kemudian bungkus dan kukus selama  lebih kurang 20 – 30 menit.
Untuk isi mampu digunakan inti kelapa muda dengan gula putih atau srikaya

Bahan Membuat Srikaya 
6 Butir telur            
300 gr gula pasir            
500 ml santan kental
1 sdt jintan manis         
Garam secukupnya
          
Cara membuat  Srikaya 
Kocok lepas terlebih dahulu telur dan gula , kemudian masukkan santan dan garam. Masak adonan diwajan dengan api sedang hingga adonan mengental , kecilkan api aduk terus hingga agak kering dan adonan mulai berminyak. Setelah mulai keliatan berminyak angkat dan dinginkan adonan srikaya tadi. Srikaya siap digunakan untuk menjadi isi dari timpan.


      

Tidak ada komentar untuk "Resep Kue Timpan Pisang Khas Aceh"