Puding Karamel Jahe Dan Cara Membuat Whipping Cream

Puding Karamel jahe

Haiiii...hari ini lumayan melelahkan ya. Setelah beraktivitas seharian yang cukup memakan waktu dan tenaga , dikala nya memanjakan diri dengan menyantap sedikit menu istimewa. Anggap saja sebagai hadiah atas simpulan nya semua peran kita hari ini. Mungkin ada sebagian dari kita yang melaksanakan jadwal diet , sedikit "curi-curi" boleh la ya. Seperti yang saya bilang tadi anggap saja sebagai hadiah atas atas kerja keras kita hari ini.

Sedikit makan yang manis-manis mungkin mampu jadi pilihan kita hari ini. Tapi ingat jangan terlalu banyak ya. Ntar mampu merusak jadwal diet bagi yang lagi menjalankan jadwal diet nya.

Kalau saya menjatuhkan pilihan saya kepada yang lembut , cuek dan manis serta sedikit rasa hangat dikala masuk kedalam lisan . Ya apalagi kalau bukan "Puding Karamel" . Kalau melihat tampilan diatas rasa nya bukan hal yang sulit bagi saya untuk tanpa berpikir panjang menikmati jenis puding yang satu ini. Saya tidak tau apakah aliran kita sama kalau melihat tampilan diatas.

Puding Karamel Jahe Serut

Puding karamel

Mungkin bagi sebagian orang kurang menyukai jenis puding yang satu ini. Mereka beranggapan "gak nendang mah kalo makan yang ini" , tapi bagi saya cukuplah untuk sekedar mengisi kekosongan perut sambil menaikan semangat saya lagi.

Apalagi kalau dihidangkan pada dikala cuek dicampur dengan lelehan gula karamel diatasnya , kalau kata orang orang sih "mertua lewat juga gak keliatan" gak tau benar atau gak nya ya ,heheheh..

Kalau di luar negeri sana , makanan yang satu ini biasa disajikan sebagai makanan penutup setelah makanan utama sambil ditemani segelas kopi atau pun minuman lain nya. Mungkin di negara kita tidak berlaku hal tersebut. Bagi kita makanan yang di santap setelah makan yang buah-buahan. Sebenarnya , buah-buahan tersebut harus dimakan sebelum kita menyantap makanan utama , setelah makan buah gres kita menyantap makanan utama. Katanya sih , itu untuk mengurangi nafsu makan kita yang berlebih dikala melihat makanan utama , jadi jarum timbangan tidak bergerak jauh ke kiri dikala kita menyantap nya.

Kalau sedikit berminat , sebelumnya saya juga sudah pernah memuat resep puding karamel silahkan di cek. Mungkin ada yang bertanya beda nya apa. Ya bedanya kalau yang satu ini kita akan menggunakan jahe untuk melengkapinya.

Puding Karamel Topping Whipped Cream

Puding Karamel Jahe Whipped Cream


Bahan yang digunakan 
375 gr Gula pasir 
60 ml Air 
750 ml Susu cair 
3 btr Kuning telur ayam , ingat ya kuning nya saja , jangan sama ayam nya , heheheh 
4 btr Telur ayam 
1 sdt Jahe yang telah diparut halus terlebih dahulu 

Cara Membuatnya:
Sebelumnya kita panaskan terlebih dahulu oven pada suhu 180 derajat Celcius. Kemudian siapkan juga 8 buah cetakan tahan panas , alasannya yakni nantinya akan kita masukkan kedalam oven. Siapkan juga 2 buah loyang , alasi dengan serbet bersih. Kemudian sisihkan terlebih dahulu.
Pertama-tama panaskan 175 g gula pasir (ingat ya bukan semua dari yang 375 gr tadi) dan 60 ml air dalam panci kecil di atas api sedang. Masak gula yang telah dicampur dengan air tadi selama lebih kurang 5 menit atau hingga mendidih (biarkan jangan diaduk).
Setelah masak selama kira-kira 5 menit dan kita lihat larutan gula tadi telah menjelma berwarna cokelat keemasan. Lalu angkat , hati-hati jangan hingga hangus ya. 
Tuangkan 1 sdm karamel ke dalam masing-masing cetakan. Jangan hingga cuek ya gula yang telah jadi karamel tadi. Setelah dituang sisihkan. Kemudian panaskan susu cair nya hingga berbuih kecil , jangan hingga mendidih , lalu angkat.
Sekarang kita kocok telur dan campurkan parutan jahe didalam nya , kocok hingga rata dan berbuih.
Kemudian tuangkan susu panas tadi kedalam nya , aduk dengan cepat. Lalu saring dalam wadah bersih. Setelah disaring lalu tuangkan adonan nya ke dalam masing-masing cetakan hingga penuh atau sesuai selera.
Setelah semua nya simpulan taruh cetakan dalam loyang yang telah kita ganjal serbet. Tuangi air panas hingga mencapai setengah tinggi cetakan.
Kemudian panggang dalam oven panas selama lenih kurang 45 menit hingga permukaannya atas nya membeku.
Setelah dianggap membeku atas nya lalu angkat , dan dinginkan. Masukkan dalam lemari es selama lebih kurang 6 jam. Puding karamel jahe siap disajikan. Ada yang pernah tau Puding Karamel Tahu

Bagi yang ingin menambah kan topping whipping cream
Resep topping Whipped Cream:

250 ml krim kental cair 
1 ,5 sdm gula pasir
1 tetes essence vanilla
Serutan coklat batangan

Cara buatnya:
Campur krim + gula + essence vanilla. kemudian kocok menggunakan mixer hingga mengembang dan kalau dibalik tidak menetes. Whipping cream siap diletakkan diatas puding karamel jahe.

Resep sebelumnya 
Sate Klopo



Tidak ada komentar untuk "Puding Karamel Jahe Dan Cara Membuat Whipping Cream"