Resep Kue Risoles Mayonaise Ala Si Emak

Risol Mayonaise - Jika dilihat dari bentuk nya hampir sama dengan kroket singkong yang kita buat tadi. Yang membedakan yaitu isi dan cara pembuatan nya saja. Jika Kroket berbahan dasar kentang atau singkong , nah kalau risol ini tidak menggunakan kedua nya. Risol Mayonaise sendiri ada banyak sekali macam isi yang mampu dibuat. Ada Risol Mayonaise Daging Asap , Risol Mayonaise Sayuran , Risoles Keju Mayonaise dan banyak lagi yang lain nya.
Menurut asal nya Risoles ini berasal dari Belanda. Di Indonesia terkenal dengan isi sayuran dan tumisan daging. Dari segi bentuk ada yang panjang dan ada juga risol yang berbentuk segitiga. Dan kebanyak risoles mayonaise yang segitiga berisi ragout (daging cincang). Yuk Kita coba membuat Risol Mayonaise
Risol Mayonaise Ala Si Emak

Bahan kulit 
250 ml air 
200 gr tepung terigu 
2 sdt susu bubuk full cream 
2 btr telur ayam , kocok lepas 
1 sdt merica bubuk 
1 sdt garam 
1 sdm minyak sayur
    

Bahan isi :
Risol Isi Mayonaise1 sdm margarin 
1/2  buah bawang bombay 
100 gr daging ayam , cincang 
6 btg buncis , iris tipis 
2 bh wortel , potong dadu kecil 
1 sdm tepung terigu 
50 gr keju cheddar , potong kecil memanjang 
2 sdm susu bubuk full cream , larutkanlah dengan 100 ml air 
2 sdm keju cheddar parut 
2 sdm mayonaise

Bahan Untuk Lapisan Risoles :

1 butir telur ayam , kocok lepas
150 gram tepung panir , pakailah tepung panir berangasan dan kualitasnya cantik supaya lebih menarik

Cara Membuat Risol Isi Mayonaise

Pertama sekali kita akan membuat kulit dari risol mayonaise nya. Pertama-tama campurkan terigu , merica , susu serta garam dan aduk hingga tercampur rata. Kemudian masukan telur yang telah kita kocok tadi kemudian aduk sambil tuangkan air sedikit demi sedikit hingga adonan tercampur rata tak ada gumpalan. Kemudian tambahkan minyak sayur , aduk kembali hingga rata.
Sekarang kita akan memasak adonan kulit risol nya. Pertama panaskanlah wajan anti lengket ukuran lebih kurang 20 cm , terlebih dahulu olesi tipis sedikit minyak , biar tidak terlalu banyak minyak di oleskan , mampu menggunakan kain , atau mampu juga dengan menggunakan kuas untuk kue.
Kemudian tuangkan 1 sendok sayur adonan sambil wajan diputar supaya membentuk bundar tipis , dan lakukan dengan hati-hati biar kulit tidak terlalu tebal juga tidak terlalu tipis. Jika sudah mengering , jangan lupa dibalik biar kulit nya matang sempurna. Lakukan hingga adonan kulit risol mayonaise nya habis.


Sekarang kita akan membuat isi dari Kue Risoles Mayonaise ala Si Emak nya. Pertama panaskan terlebih dahulu margarin , kemudian tumis bawang bombay hingga berwarna kecoklatan , setelah itu masukkan daging ayam cincang tadi kedalam tumisan bawang bombay nya. Aduk hingga daging ayam nya menjadi kaku. Setelah itu masukkan bagian wortel dan buncis kedalam tumisan tadi , masak kembali hingga layu , Taburi terigu dan aduk hingga rata. Kemudian masukkan bagian keju dan mayonaise kedalam tumisan tadi , aduk kembali hingga tercampur rata. Setelah matang angkat dan dinginkan terlebih dahulu.
Setelah cuek sekarang kita akan membuat risoles Mayonaise nya. Ambil kulit risol nya 1 lembar , kemudian letak isi risol nya , tambahkan kedalam nya bagian keju serta mayonaise , untuk keju dan mayonaise nya sesuaikan dengan selera saja. Setelah itu gulung kulit risol nya , jaga jangan hingga isi nya meluber keluar. Kemudian setelah digulung rapi , rekatkan dengan larutan terigu. Lakukan hingga adonan dan kulit risol nya habis.

Jika kita ingin pribadi menyantap nya , kita mampu pribadi memasukkan risol tadi kedalam telur yang telah kita kocok lepas tadi , guling-gulingkan risol mayonaise nya biar rata , kemudian kembali gulingkan kedalam tepung roti nya , lakukan hingga tepung nya menempel rata ke kulit risol nya. Goreng hingga kecoklatan , setelah matang angkat dan tiriskan. Sajikan dengan rawit untuk lebih enak nya. Sajian Risoles Mayonaise Ala Si Emak siap disajikan sambil minum teh/kopi di sore hari.
Risol Mayonaise Isi Sayuran
Resep sebelumnya



Tidak ada komentar untuk "Resep Kue Risoles Mayonaise Ala Si Emak"