Resep Kue Serabi Oncom Bandung

Resep Kue Serabi Oncom Bandung - Bandung memang sangat terkenal dengan masakan nya. Searab oncom ini dikenal pertama kali di tempat Bandung ini. Banyak jenis serabi yang terkenal di Bandung , misal nya saja Surabi NHI yang ketika sekarang malah menyebar ke daerah-daerah di Indonesia.
Jadi bila pada suka dengan serabi , resep yang satu ini ibarat nya wajib kita coba , untuk menambah perbendaharaan jenis masakan nusantara kita. Bagaimana , siap untuk mencoba nya.


Surabi Oncom Bandung

Bahan :
600 ml santan dari 1/2 butir kelapa
200 gr tepung terigu protein sedang
1/2 sdt garam
1 btr telur , kocok lepas
1 1/4 sdt baking powder

Bahan Topping
Serabi Oncom
3 btr bawang merah , iris halus
2 siung bawang putih , iris halus juga
2 bh cabe merah keriting , iris halus
2 bh rawit merah , iris halus
150 gr oncom , bakar terlebih dahulu kemudian cincang halus
3/4 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
1/4 sdt gula pasir
100 ml santan dari 1/4 butir kelapa
2 tangkai kemangi
50 gr teri nasi , seduh kemudian goreng kering
2 sdm minyak goreng


Cara membuat Serabi Oncom Pedas

Yang pertama dikerjakan yaitu untuk membuat topping di serabi oncom nya. Panaska minyak terlebihdahulu ,kemudian tumis bawang putih , bawang merah , cabai keriting merah serta rawit merah sampai harum. Kemudian masukkan oncom , garam , merica abu serta gula pasir. Aduk sampai rata. Setelah itu tuang santan , masak dan sesekali diaduk sampai bumbu meresap. Kemudian tambahkan kemangi dan teri nasi , aduk kembali sampai rata. Kemudian angkat dan sisihkan. Topping akibat dikerjakan.
Kemudian kita panaskan cetakan serabi , masukkan kelapa parut aduk-aduk kelapa sampai berminyak , kemudian buang kelapa nya. Kemudian rebus santan sambil diaduk sampai mendidih. Setelah mendidih angkat dan takar sentan sebanyak 500 ml. Biarkan hangat.
Setelah itu aduk rata tepung terigu , garam dan telur. Masukkan santan sedikit demi sedikit sambil dikocok dengan mixer kecepatan rendah selama lebih kurang 20 ment. Kemudian diamkan terlebih dahulu selama 30 menit. Tambahkan baking powder kedalam nya , aduk rata kembali.
Tuangkan satu sendok sayur adonan kedalam cetakan serabi yang sudah dipanaskan tadi. Biarkan sampai setengah matang. Setelah itu berikan adonan topping tadi diatas nya , kemudian kecilkan api. Tutup dan biarkan sampai matang. Serabi Oncom Bandung siap disajikan.
Serabi Oncom Tepung Beras



Resep Selanjutnya


Resep Sebelumnya


Tidak ada komentar untuk "Resep Kue Serabi Oncom Bandung"